Website Profile Dosen UIN Sunan Ampel

DATA PROFILE DOSEN

NIP
196403121995031001
Nama
Prof. Dr. Abd. Rachman Assegaf, M.Ag.
NPWP
682013693525000
NIDN
2012036402
Unit Kerja
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Rumpun Ilmu
AGAMA
Email
profassegaf@gmail.com
Homepage

Abd Rachman Assegaf. Lahir di Gresik pada 12 Maret 1964. Pernah mengajar di beberapa Perguruan Tinggi di berbagai kota, antara lain: STIT Raden Santri (Gresik), STIT Pancawahana (Bangil), Universitas Muhammadiyah Gresik, dan Sekolah Tinggi Teknologi Adisucipto Program Studi Teknik Penerbangan (Yogyakarta). Selain itu pernah juga menjadi Ketua Bagian Pendidikan Yayasan Al-Khairiyah Surabaya. Saat ini menjabat sebagai Dosen Tetap di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, serta dosen luar biasa di UPN Veteran (Yogyakarta), dan Program Pascasarjana Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo. Jenjang pendidikannya ditempuh dari MI dan SMP Malik Ibrahim, SMA YWSG dan STIT Raden Santri (semuanya di Gresik), lalu melanjutkan ke jenjang Magister (S-2) di Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga (Yogyakarta) dengan tesis berjudul TEORI PENDIDIKAN JOHN DEWEY DAN MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI (Studi Analisis-Komparatif), kemudian meraih gelar Doktor di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sejak 2004 dengan disertasi berjudul PERGESERAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL BIDANG AGAMA ISLAM 1942-1994. Beliau adalah Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam pada Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya yang mengampu beberapa matakuliah, di antaranya adalah Filsafat Pendidikan Islam, Inovasi dan Pengembangan Kurikulum dan Analisis Kebijakan Pendidikan Islam. Beliau selama ini aktif dalam berbagai forum akademik seperti seminar, workshop, simposium, konferensi dan kajian ilmiah seputar masalah keislaman, pendidikan dan sosial, baik dalam skala regional, nasional maupun internasional. Produktivitas karya ilmiahnya tidak diragukan lagi, mengingat beliau aktif dalam penulisan artikel, makalah, proceeding, hasil penelitian, jurnal, buku, dan lain sebagainya. Di antara karya tulis berupa buku yang sudah terbit adalah: Internasionalisasi Pendidikan: Sketsa Perbandingan Pendidikan di Negara-Negara Islam dan Barat (2003); Pendidikan Tanpa Kekerasan (2004), Politik Pendidikan Nasional: Pergeseran Kebijakan Pendidikan Islam dari Pra-Proklamasi ke Reformasi (2005); Studi Islam Kontekstual (2006); Desain Riset Sosial Keagamaan: Pendekatan Integratif-Interkonektif (2007); Pendidikan Islam Madzhab Kritis (2008); Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif (2011); Aliran Pemikiran Pendidikan Islam: Dari Klasik Sampai Modern (2013), dan Ilmu Pendidikan Islam: Madzhab Multidisipliner (2019) oleh penerbit yang sama. Pengalaman studi dan kunjungan akademik ke luar negeri dimulai ketika mengikuti program Study in the United States Institutes di University of California Santa Barbara (UCSB), Amerika Serikat, dengan tema Religious Pluralism and Public Presence, pada tahun 2006. Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 2007 dan 2008, penulis mengikuti program Postdoctoral Advanced Research yang diselenggrakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ke Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universiti Malaya (UM). Tahun 2009, penulis mengikuti program short course di Cairo University dan Al-Azhar University, Mesir. Setelah itu, pada tahun 2011 hingga 2012, dipercaya sebagai dosen tamu dalam program visiting professor di Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia. Pada tahun 2014, penulis melakukan kunjungan riset ke Qatar Faculty of Islamic Studies, Doha, Qatar. Pada tahun yang sama, penulis juga melakukan penelitian unggulan individual dengan kunjungan ke Institute of Southeast Asian Studies (ISEAS), Singapore. Pada tahun 2015, penulis mendapat kesempatan untuk mengikuti program Sabbatical Leave Research Program yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia ke School of Education, Hokkaido University, Sapporo, Jepang. Pada tahun 2017, bersama tim lainnya, penulis mendapat bantuan penelitian unggulan internasional dengan melakukan comparative study tentang pendidikan inklusi ke Australia. Selanjutnya, tahun 2018 dan 2019 penulis berkesempatan melakukan riset kolaborasi ke beberapa kampus di India dan Korea Selatan.

Buku
  1. INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN: Sketsa Perbandingan Pendidikan di Negara-Negara Islam dan Barat. (Gama Media)
  2. PENDIDIKAN TANPA KEKERASAN: Tipologi Kondisi, Kasus, dan Konsep. (Tiara Wacana)
  3. POLITIK PENDIDIKAN NASIONAL (Kurnia Kalam )
  4. STUDI ISLAM KONTEKSTUAL (Gama Media)
  5. DESAIN RISET SOSIAL KEAGAMAAN (Gama Media)
  6. PENDIDIKAN ISLAM MADZHAB KRITIS (Gama Media)
  7. PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga)
  8. FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (PT Rajagrafindo Persada)
  9. ALIRAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM: Hadharah Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern. (PT Rajagrafindo Persada)
  10. ILMU PENDIDIKAN ISLAM MADZHAB MULTIDISIPLINER (PT Rajagrafindo Persada)
  11. STUDI ISLAM DALAM WACANA KONTEMPORER (Literasi Nusantara)
Jurnal
  1. KONFIGURASI TEORI PENDIDIKAN JOHN DEWEY DAN AL-ABRASY. (Jurnal Penelitian Agama)
  2. METODE PROBLEM SOLVING BAGI PELAJAR BAHASA ARAB (Jurnal Aplikasia PPM IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
  3. MENELUSURI JEJAK KEBIJAKAN KELEMBAGAAN PAI: Kajian Politico-Historis (Jurnal Ilmu Pendidikan Islam)
  4. BEBERAPA RESPONS MASYARAKAT TERHADAP PRODUK KEBIJAKAN PAI PRA-REFORMASI (Jurnal Ilmu Pendidikan Islam)
  5. EKSISTENSIALIME MARTIN HEIDEGGER: Telaah Aspek Onto-Teologis (Jurnal Ilmu Pendidikan Islam)
  6. TARIK-MENARIK RUU SISDIKNAS 1988-2003 (Jurnal Kependidikan Islam)
  7. MEMBERDAYAKAN KEMBALI PROFESIONALISME PENDIDIK: Perspektif Pendidikan Islam (Jurnal Kependidikan Islam)
  8. ARAH BARU KURIKULUM FAKULTAS TARBIYAH: Peluang dan Tantangan Penerapan KBK (Jurnal Ilmu Pendidikan Islam)
  9. MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM DENGAN TEOLOGI KRITIS (Edukasi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang)
  10. PENDIDIKAN MAHAL: Ayam atau Telur? (Paradigma, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
  11. PENERAPAN KONSEP KBK: Studi Eksperimental Perkuliahan FPI Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Jurusan KI (Jurnal Kependidikan Islam)
  12. POTENSI KONFLIK DAN INTEGRASI ANTARUMAT BERAGAMA DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA (Jurnal Penelitian Agama)
  13. MADRASAH DAN NILAI-NILAI ANTI-KORUPSI: Analisis Isi Pembelajaran PAI Antikorupsi di MAN 1 Yogyakarta (Jurnal Penelitian Agama)
  14. The Closer Bridge towards Islamic Studies in Higher Education in Malaysia and Indonesia. (ScriPP: Creative Education)
  15. Meta-Analisis Kesenjangan Kebijakan Tentang Madrasah di Indonesia (PGMI Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
  16. POLICY ANALYSIS AND EDUCATIONAL STRATEGIES FOR ANTI-CORRUPTION IN INDONESIA AND SINGAPORE (International Journal of Asian Social Science)
  17. POLITIK DAN KEBIJAKAN TENTANG PEMBIAYAAN PENDIDIKAN: PUSAT DAN DAERAH (Journal SMarT. Semarang: Balitbang Kementerian Agama)
  18. CURBING CORRUPTION THROUGH TERTIARY EDUCATION IN INDONESIA AND JAPAN: Analysis of Legal System and Islamic Perspective (Analisa: Journal of Social Science and Religion, Semarang)
  19. GERAKAN TRANSNASIONAL ISLAM DAN GLOBALISASI SALAFI DI ISLAMIC CENTER BIN BAZ YOGYAKARTA (Milah; Jurnal Studi Agama)

Integrasi Pendidikan Islam dan Sains