NIP |
196903211994032003 |
Nama |
Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag. |
NPWP |
77.832.739.5-607.000 |
NIDN |
2021036901 |
Unit Kerja |
Pascasarjana |
Rumpun Ilmu |
AGAMA |
husniyatussalamah@uinsby.ac.id |
Homepage |
Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag. putri dari Dr (HC) Drs H. Imam Mawardi (alm) dan Siti Maryam (alm). Lahir di Pamekasan, 21 Maret 1969. Mulai mengenyam pendidikan dasar pada SDN Keputran I Surabaya (1981), kemudian melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi pada MTsN Tambak Beras Jombang (1984) dan MAN Tambak Beras Jombang (1987). Lulus sarjana strata satu (S-1) pada tahun 1992 di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel di Malang (1992), lulus program pendidikan S-2 di bidang Pendidikan Islam pada PPs IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2000). Lulus program doktor (S-3) di PPs IAIN Sunan Ampel Surabaya (2013). Sekarang menjadi Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya (2018-2022), Wakil Ketua/Bendahara Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur 2020-2022, pernah menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (2014-2018), Ketua Jurusan Kependidikan Islam (2009-2013) dan Sekretaris Jurusan Kependidikan Islam (2005-2009), selama menjadi dosen aktif menulis di beberapa jurnal ilmiah, antara lain; Reformasi Syariah Dan HAM (Kajian terhadap pemikiran An-Naim), Jurnal IAIN Sunan Ampel, 1999. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibn Jama’ah (Kajian Terhadap Etika Pendidik dan Peserta Didik), Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 2001. Tantangan Pengembangan Pendidikan Agama Islam Mengacu UU Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol. 6 No. 1, 2003. Pendidikan Islam Di Indonesia (Urgensi Konversi IAIN dan STAIN ke UIN), Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol. 7 No. 1, 2004. Filsafat Pendidikan Barat Dan Islam: Perspektif Perbandingan (Tinjauan Fungsi dan Tujuan Pendidikan), Jurnal Wacana Kopertais Wil IV, Vol IV, No. 2, 2004. Pemberdayaan Madrasah: Titik Temu antara Pendidikan Satu Atap dan Otonomi Pendidikan, Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol. 7 No. 2, 2004. Optimalisasi Partisipasi Masyarakat Terhadap Pendidikan Melalui Komite Madrasah, Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol.9 No. 2, 2006. Implementasi Komite Madrasah Di MAN Surabaya, Qualita Ahsana, Vol. VII, No. 2, Agustus 2005. Latihan Mengendalikan Emosi Pada Anak, Majalah Mimbar Pembangunan Agama (MPA), 208/ Januari 2004. Menuju Madrasah Berbasis Masyarakat dengan Mengoptimalkan Peran Komite Madrasah, MPA, 217/ Oktober 2004. Menyambut Rencana Guru Sebagai Jabatan Profesi dan Sertifikasi Profesi, MPA, 226/Juli 2005. Perjuangan Minoritas Muslim Rohangya di Myanmar Dalam Menentang Diskriminasi Agama, MPA, 229/Oktober 2005. Renungan Hari Ibu: Kekerasan pada Anak dalam Keluarga sebagai Kegagalan Pengasuhan, Majalah Aula, Desember 2006. Menyimak Pandangan NU tentang Pornografi dan Ponoaksi, Majalah Aula, Juni 2006. Menggairahkan Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Mengatasi Kendala Kenaikan Pangkat Guru, MPA, 248/Mei 2007.Kehadiran Perempuan sebagai Kepala Madrasah (Studi terhadap Kepala Madrasah Negeri Perempuan di Kabupaten Jombang), Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 1. No.1. Tahun 2011.Integrasi Multidisipliner Model Twin Tower: Upaya Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel, Jurnal Didaktika Islamika,Vol. XII, No. 2 Desember, 2011. Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang, Jurnal Nasional,ULUMUNA, Volume 18, No. 1, Juni 2014. Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Sains) Sebagai Upaya Mengintegrasikan Sains Dan Ilmu Agama Tawaran Epistemologi Islam Bagi Universitas Islam Negeri, Prociding Halaqah Nasional dan Seminar Internasional. 23-24 Mei 2014, Penerbit: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan. Curriculum, Islamic Understanding And Radical Islamic Movements In Indonesia, Journal of Indonesian Islam Vol. 10 Nomor 2 (2016) DOI: 10.15642/JIIS.2016.10.2.285-308, Jurnal Internasional Terindex Scopus. laman http://jiis.uinsby.ac.id/index.php/JIIs/issue/view/20, Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang, Jurnal Ulumuna Vol. 18. Nomor 1. Juni 2014. Landasan Fondasional Integrasi Keilmuan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Ampel Surabaya, Jurnal Islamica Vol. 10. Nomor 1, September 2015. Understanding the Cognition Process of the Students using the Internet as a Learning Resource Jurnal Nasional Terakreditasi, Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No. 1 (2017), hal. 57-68. Sistem Pendidikan Tinggi Integrated (Kajian terhadap Model Integrasi Pesantren di UIN Malik Ibrahim Malang) Prociding Seminar dan Workshop Nasional Penerbit UIN Maliki Press. “Students Participation and Perception in Threaded Online Discussion”, Proceedings of International Conference on English Language Teaching (ICONELT 2017), Atlantis Prees. “Learning Design of Citizenship Education in Indonesia after Ahok Tragedy; “Shape of Social Media and Critical-Literacy in Educational Process”, Jurnal Tarbiyatuna, Vol 11 No 1 (2018). Dll.? Beberapa buku yang telah ditulis, yaitu: Tim Penyusun Buku Pengantar Studi Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2003. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum Konsep dan Aplikasinya di Universitas Islam Negeri, Surabaya: Dakwah Digital Press, 2008. Tim Penyusun Bahan Ajar Psikologi Belajar, Surabaya: LAPIS PGMI, 2009. Tim Penyusun Bahan Ajar Strategi Pembelajaran, Surabaya: LAPIS PGMI, 2009. Tim Penyusun Bahan Ajar Penelitian Tindakan Kelas, Surabaya: LAPIS PGMI, 2010. Tim Penyusun Bahan Ajar Pembelajaran PAI Inovatif, Surabaya: Toga Mas, 2009. Buku Model dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam), Surabaya: IAIN Press, 2010, Integrasi Multidisipliner Model Twin Tower: Upaya Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel, Surabaya: IAIN Press,2013. Buku Desain Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel dari Pola Pendekatan Dikotomis Ke Arah Integratif Multidisipliner Model Twin Towers, Cet. II Penerbit: IAIN Sunan Ampel, 2014. "Membangun Keilmuan UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Paradigma Integrated Twin Towers: Model Pentadik Integralisme Monistik Islam" dalam Buku UINSA EMAS Menuju World Class University, Penerbit: UIN Sunan Ampel Press, 2015. Buku Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Surabaya, Penerbit: Kencana, 2017. Dll.
Pendidikan Islam, Gender, Studi Islam