Website Profile Dosen UIN Sunan Ampel

DATA PROFILE DOSEN

NIP
196903211994032003
Nama
Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag.
NPWP
77.832.739.5-607.000
NIDN
2021036901
Unit Kerja
Pascasarjana
Rumpun Ilmu
AGAMA
Email
husniyatussalamah@uinsby.ac.id
Homepage

Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag. putri dari Dr (HC) Drs H. Imam Mawardi (alm) dan Siti Maryam (alm). Lahir di Pamekasan, 21 Maret 1969. Mulai mengenyam pendidikan dasar pada SDN Keputran I Surabaya (1981), kemudian melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi pada MTsN Tambak Beras Jombang (1984) dan MAN Tambak Beras Jombang (1987). Lulus sarjana strata satu (S-1) pada tahun 1992 di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel di Malang (1992), lulus program pendidikan S-2 di bidang Pendidikan Islam pada PPs IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2000). Lulus program doktor (S-3) di PPs IAIN Sunan Ampel Surabaya (2013). Sekarang menjadi Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya (2018-2022), Wakil Ketua/Bendahara Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur 2020-2022, pernah menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (2014-2018), Ketua Jurusan Kependidikan Islam (2009-2013) dan Sekretaris Jurusan Kependidikan Islam (2005-2009), selama menjadi dosen aktif menulis di beberapa jurnal ilmiah, antara lain; Reformasi Syariah Dan HAM (Kajian terhadap pemikiran An-Naim), Jurnal IAIN Sunan Ampel, 1999. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibn Jama’ah (Kajian Terhadap Etika Pendidik dan Peserta Didik), Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 2001. Tantangan Pengembangan Pendidikan Agama Islam Mengacu UU Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol. 6 No. 1, 2003. Pendidikan Islam Di Indonesia (Urgensi Konversi IAIN dan STAIN ke UIN), Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol. 7 No. 1, 2004. Filsafat Pendidikan Barat Dan Islam: Perspektif Perbandingan (Tinjauan Fungsi dan Tujuan Pendidikan), Jurnal Wacana Kopertais Wil IV, Vol IV, No. 2, 2004. Pemberdayaan Madrasah: Titik Temu antara Pendidikan Satu Atap dan Otonomi Pendidikan, Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol. 7 No. 2, 2004. Optimalisasi Partisipasi Masyarakat Terhadap Pendidikan Melalui Komite Madrasah, Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol.9 No. 2, 2006. Implementasi Komite Madrasah Di MAN Surabaya, Qualita Ahsana, Vol. VII, No. 2, Agustus 2005. Latihan Mengendalikan Emosi Pada Anak, Majalah Mimbar Pembangunan Agama (MPA), 208/ Januari 2004. Menuju Madrasah Berbasis Masyarakat dengan Mengoptimalkan Peran Komite Madrasah, MPA, 217/ Oktober 2004. Menyambut Rencana Guru Sebagai Jabatan Profesi dan Sertifikasi Profesi, MPA, 226/Juli 2005. Perjuangan Minoritas Muslim Rohangya di Myanmar Dalam Menentang Diskriminasi Agama, MPA, 229/Oktober 2005. Renungan Hari Ibu: Kekerasan pada Anak dalam Keluarga sebagai Kegagalan Pengasuhan, Majalah Aula, Desember 2006. Menyimak Pandangan NU tentang Pornografi dan Ponoaksi, Majalah Aula, Juni 2006. Menggairahkan Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Mengatasi Kendala Kenaikan Pangkat Guru, MPA, 248/Mei 2007.Kehadiran Perempuan sebagai Kepala Madrasah (Studi terhadap Kepala Madrasah Negeri Perempuan di Kabupaten Jombang), Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 1. No.1. Tahun 2011.Integrasi Multidisipliner Model Twin Tower: Upaya Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel, Jurnal Didaktika Islamika,Vol. XII, No. 2 Desember, 2011. Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang, Jurnal Nasional,ULUMUNA, Volume 18, No. 1, Juni 2014. Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Sains) Sebagai Upaya Mengintegrasikan Sains Dan Ilmu Agama Tawaran Epistemologi Islam Bagi Universitas Islam Negeri, Prociding Halaqah Nasional dan Seminar Internasional. 23-24 Mei 2014, Penerbit: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan. Curriculum, Islamic Understanding And Radical Islamic Movements In Indonesia, Journal of Indonesian Islam Vol. 10 Nomor 2 (2016) DOI: 10.15642/JIIS.2016.10.2.285-308, Jurnal Internasional Terindex Scopus. laman http://jiis.uinsby.ac.id/index.php/JIIs/issue/view/20, Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang, Jurnal Ulumuna Vol. 18. Nomor 1. Juni 2014. Landasan Fondasional Integrasi Keilmuan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Ampel Surabaya, Jurnal Islamica Vol. 10. Nomor 1, September 2015. Understanding the Cognition Process of the Students using the Internet as a Learning Resource Jurnal Nasional Terakreditasi, Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No. 1 (2017), hal. 57-68. Sistem Pendidikan Tinggi Integrated (Kajian terhadap Model Integrasi Pesantren di UIN Malik Ibrahim Malang) Prociding Seminar dan Workshop Nasional Penerbit UIN Maliki Press. “Students Participation and Perception in Threaded Online Discussion”, Proceedings of International Conference on English Language Teaching (ICONELT 2017), Atlantis Prees. “Learning Design of Citizenship Education in Indonesia after Ahok Tragedy; “Shape of Social Media and Critical-Literacy in Educational Process”, Jurnal Tarbiyatuna, Vol 11 No 1 (2018). Dll.? Beberapa buku yang telah ditulis, yaitu: Tim Penyusun Buku Pengantar Studi Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2003. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum Konsep dan Aplikasinya di Universitas Islam Negeri, Surabaya: Dakwah Digital Press, 2008. Tim Penyusun Bahan Ajar Psikologi Belajar, Surabaya: LAPIS PGMI, 2009. Tim Penyusun Bahan Ajar Strategi Pembelajaran, Surabaya: LAPIS PGMI, 2009. Tim Penyusun Bahan Ajar Penelitian Tindakan Kelas, Surabaya: LAPIS PGMI, 2010. Tim Penyusun Bahan Ajar Pembelajaran PAI Inovatif, Surabaya: Toga Mas, 2009. Buku Model dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam), Surabaya: IAIN Press, 2010, Integrasi Multidisipliner Model Twin Tower: Upaya Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel, Surabaya: IAIN Press,2013. Buku Desain Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel dari Pola Pendekatan Dikotomis Ke Arah Integratif Multidisipliner Model Twin Towers, Cet. II Penerbit: IAIN Sunan Ampel, 2014. "Membangun Keilmuan UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Paradigma Integrated Twin Towers: Model Pentadik Integralisme Monistik Islam" dalam Buku UINSA EMAS Menuju World Class University, Penerbit: UIN Sunan Ampel Press, 2015. Buku Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Surabaya, Penerbit: Kencana, 2017. Dll.

Jurnal
  1. Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang (Ulumuna IAIN Mataram)
  2. Curriculum, Islamic Understanding And Radical Islamic Movements In Indonesia, (Journal of Indonesian Islam) -2016-12-16
  3. Learning Design of Citizenship Education in Indonesia after Ahok Tragedy; “Shape of Social Media and Critical-Literacy in Educational Process (Tarbiyatuna Jurnal Pendidikan Islam)
  4. Understanding the Cognition Process of the Students using the Internet as a Learning Resource (Jurnal Pendidikan Islam)
  5. Landasan Fondasional Integrasi Keilmuan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Ampel Surabaya (The tree of sciences, integrated twin towers, integration of sciences.)
  6. PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Upaya Membangun Keberagamaan Inklusif di Sekolah (Jurnal Islamica)
  7. INTEGRASI PESANTREN KE DALAM SISTEM PENDIDIKAN TINGGI AGAMA ISLAM (Journal Education)
  8. E-learning Application Madrasah online learning solution in the middle of pandemic Covid-19 in Ma Negeri Insan Cendekia, Kendari (Technium Social. Science. Journal)
  9. Design For Learning Al-Qur''an Hadith Model Flipped Classroom Based On Microsoft Teams In MAN IC Paser, Indonesia (International Journal of Education and Research)
  10. Identification of Vacuum Learning Styles (Visual, Auditory, Kinesthetic) Primary School Students In Indonesia (International Journal of Education and Research )
  11. Does Motivation, Personality and Environment Influence Enthusiasm of Generation Z to Contuining Study to Higher Education? (International Journal of Educational Research Review)
  12. Building students’ character through prophetic education at madrasa (Jurnal Pendidikan Islam)
  13. Implementasi model SAMR (Substitution, Augmentation, Modification, Redefinition) di MI Al Ishlah Glagah Lamongan (Jurnal Tadris)
  14. Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam)
  15. Kendala Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran Qur’an-Hadits Di Tengah Pandemi Covid-19 pada Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Ulum Lamongan (Tadris: Jurnal Pendidikan Islam)
  16. Shaping socio-critical thinking of junior students using problem-based learning and inquiry strategy (International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE))
  17. The Implementation of ADDIE Al-Quran Hadith Learning Design Model at MTs Assathi’ Karas (Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam)
  18. DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ASSURE PADA MATERI AL QURAN HADITS BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (JURNAL PENELITIAN)
  19. Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu (Jurnal Studi islam Al-Inshiroh)
  20. Penerapan JIGSAW learning melalui whatsapp untuk memahami materi Quran Hadits surah Al Humazah (Journal of Applied Linguistic and Islamic Education)
  21. Studi komparasi penggunaan WhatsApp dan Schoology terhadap hasil belajar di masa darurat, (JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA)
  22. Pendampingan Pengembangan Budaya Baca di MI Yaphiston Surabaya (Publikasi Pendidikan)
  23. Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser (SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam)
  24. PENGGUNAAN ONLINE LEARNING PADA MATAKULIAH HERMENEUTIKA AL QURAN (STUDI TERHADAP MAHASISWA SEMESTER VI STAI AL ANWAR SARANG REMBANG (Jurnal Tarbiyatuna)
  25. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV DI MI HIDAYATUL ULUM (Jurnal Edudeena)
  26. Desain Pembelajaran Qur’an Hadist Model Jerold E. Kemp Berbasis Multimedia Di Madrasah Tsanawiyah (JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia))
  27. Penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran SKI pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Miftahussudur 01 Dagangan (JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi)
Seminar/Conference
  1. Students Participation and Perception in Threaded Online Discussion (Atlantis Press)
  2. Pemanfaatan Weblog sebagai Media untuk Mengembangkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya)
  3. Improving Quality of English Learning in Higher Education Through idREN (Atlantis Prees)
  4. Implementation of Technical Guidance on the Results of Indonesian Madrasah Competency Assessment 2021 (Atlantis Prees)
Buku
  1. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT, Konsep dan Aplikasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PT Kharisma Putra Utama)
  2. Model dan strategi pembelajaran aktif: teori dan praktek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Putra Media Nusantara & IAIN Press)
  3. Desain Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel Dari Pola Pendekatan Dikotomis Ke Arah Integratif Multidisipliner Model Twin Towers (IAIN SA Press)
  4. Kehadiran Perempuan sebagai Kepala Madrasah (IAIN SA Press)
  5. UINSA emas menuju world class university (UIN Sunan Ampel Press)
  6. Metodologi Keilmuan Islami: rekonstruksi dan aktualisasi Ajaran Ta''lim al-Muta''allim, bimbingan metode balajar untuk meraih prestasi gemilang (Yayasam: eL-SiQ Tabaqurrahman)
  7. Pendidikan Profetik: Aktualisasi & Internalisasi Dalam Pembentukan Karakter (Goresan Pena)
  8. Pendidikan Islam Berbasis Karakter Perspektif Gus Dur dan Cak Nur (Rajawali Buana Pustaka)

Pendidikan Islam, Gender, Studi Islam