Website Profile Dosen UIN Sunan Ampel

DATA PROFILE DOSEN

NIP
195308031989031001
Nama
Dr. H. Abd. Kadir, MA
NPWP
25.467.784.2-652.000
NIDN
2003085301
Unit Kerja
Pascasarjana
Rumpun Ilmu
AGAMA
Email
kadirqi@yahoo.co.id
Homepage

Abd. Kadir lahir di Sumenep, Jawa Timur, dengan menyesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di tempat kelahirannya. Pendidikan strata satunya diselesaikan di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Cabang Malang ( sekarang UIN Maliki), sedangkan strata dua dan tiganya di Program Pendidikan Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga (sekarang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Sedangkan short couse yang pernah diikutinya antara lain: Supervisory Manajemen di Lembaga Managemen Jawa Timur dan High Education Management di Murdock University Australia, dan beberapa workshop yang disponsori oleh Pemerintah Indonesia maupun asing. Aktif menjadi narasumber dan instruktur dalam berbagai kegiatan seminar dan workshop internasional, nasional maupun lokal baik yang disponsori oleh lembaga domestik maupun luar negeri. Karya tulisnya banyak dipublikasikan melalui beberapa jurnal ilmiah, dan sebagian kecil dalam bentuk buku, seperti: Ilmu Sosial Dasar, Dirasah Islamiyah, Pengantar Studi Islam, Penelitian Tindakan Kelas, Dasar-dasar Pendidikan, Pembelajaran Tematik, Filsafat Pendidikan Islam dan lain sebagainya. Sekarang aktif sebagai tenaga pengajar di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel dan beberapa pascasarjana swasta. Sempat menjabat sebagai ketua beberapa lembaga ad hoc di UIN Sunan Ampel yang dibentuk atas kerjasama dengan pihak dalam maupun luar negeri.

Buku
  1. Pembelajaran Tematik (Tematik, pembelajaran)
  2. Ilmu Sosial Dasar (Sosial, dasar)
  3. Intensitas dan Minat Baca Mahasiswa IAIN Sunan Ampel (IAIN Sunan Ampel Surabaya)
  4. Khazanah Ilmu Pengetahuan (IAIN Sunan Ampel)
  5. Modul Pendidikan dan Latihan Professi Guru (Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel)
  6. Modul Penelitian Tindakan Kelas (Modul, Penelitian Tindakan Kelas)
  7. Dasar-Dasar Pendidikan (Prenada) -2020-01-02
  8. Visi Spiritual dalam Islam (IAIN Sunan Ampel)
  9. Dirasat Islamiyah (Dwiputra Jaya)
  10. Pengantar Studi Islam (IAIN Sunan Ampel)
  11. Visi Spiritual Dalam Islam (Pengembangan Kepribadian Muslim) (UINSA Press)
  12. Visi Spiritual Dalam Islam (UIN SA Press)
  13. Dirasat Islamiyah (Dwi Pustaka)
  14. Kapasitas Prodi PGMI dalam Penyelenggaraan Mata Kuliah MIPA (UIN Sunan Ampel)
  15. Psikologi Pendidikan Islam (Dwi Putera Jaya)
  16. Filsafat Pendidikan Islam (IAIN Sunan Ampel)
  17. Teologi Islam (Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel)
Jurnal
  1. Transformasi Budaya dalam Menghadapi Hegemoni Teknologi dan Industri (Jurnal IAIN Sunan Ampel)
  2. Kapasitas dan Minat Baca Mahasiswa IAIN Sunan Ampel (Jurnal Qualita Ahsana IAIN Sunan Ampel)
  3. Sumber Belajar dalam Teori Pancaran (Jurnal Pendidikan Agama Islam)
  4. Suksessi Kepemimpinan Khalafaur Rasyidin (Jurnal al Jamiah, IAI Tribakti)
  5. Keunggulan Pengalaman Mistik dalam Epistemologi al Ghazali (Jurnal al Diayah)
  6. Peranan Guru Agama dalam Rekayasa Genetika (Jurnal al Jamiah IAI Tribakti)
  7. Pendidikan Nasional dalam Perspektif Teknologi Pendidikan (Nizamiyah)
  8. Implementasi Demokritisasi Pendidikan pada Murid (Pengabdian)
  9. Pembelajaran al Qur an pada Masa Klassik (Media Pendidikan Agama)
  10. Pendidikan bagi Para Muallaf (Nizamiyah FTK UIN SA)
  11. Dinamika Syarekat Islam dalam Menatap Indonesia Merdeka (Nizamiyah)
  12. Sumber Belajar dalamTeori Pancaran (Jurnal Pendidikan Agama Islam:)
  13. Sumber Belajar Dalam Teori Emanasi (Prodi PAI FTK UIN Sunan Ampel)
  14. Peningkatan Keimnan Kpeada Tuhan Melalui Pengalaman Spiritual (Prodi PAI FTK UIN Sunan Ampel)
  15. Education for All (Prodi PAI FTK UIN Sunan Ampel)
  16. Spiritual Dimension of Islamic Education (International Journal of Scientific and Engeneering Research)
  17. Apresiasi Keimanan Kepada Tuhan Melalui Pengalaman Spiritual (Jurnal Nasional Teosofi)
  18. Spiritual Dimension of Islamic Education (International Journal of Scientific and Engineering Research; )
  19. Penyelenggaraan Pendidikan Inkulisi di Indonesia (Jurnal Pendidikan Agama Islam:)
Seminar/Conference
  1. Islamic Education’s Psychological Basis in Higher Education to Develop National Qualification Curriculum in Indonesia (Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel)
  2. Nilai-Nilai Esoteric Implementatif Pendidikan Islam (Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel)
  3. Pemikiran Kebenaran dari al Ghazali (IAI Dalwa)
  4. Apresiasi Sir Muhammad Iqbal terhadap Pencerahan Peran Khudi dalam Semangat Kemerdekaan (IAI Dalawa)

  1. Korelasi Emosional Quetient (EQ) dan Spiritual Quetient (SQ) terhadap Kreativitas Belajar Siswa -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2004-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  2. Upaya Pembinaan PITI (Iman Tauhid Indonesia) Surabaya dalam Meningkatkan Pendidikan Katauhidan Melalui Strategi Permasive pada Muslim Tionghwa) -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2009-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  3. Pengaruh Metode The Power of Two dalam Belajar Siswa pada Bidang STUDI Fiqh DI PP al Fitrah Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2011-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  4. Peran Managemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Pretasi non Akademis pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di ar Risalah Lirboyo -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2010-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  5. Pengaruh Pembejaran Agama Islam terhadap Prilaku Keagamaan Siswa di SMA Wahid Hasyim Taman Sidoarjo -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2011-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  6. Implementasi Pendidikan Karakter (Studi Kasus di SMP Jati Agung) -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2011-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  7. Korelasi antara Tingkat Kesejahteraan dengan Kesadaran Mengajar Guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri Kepuh Doko Tembelang Jombang -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  8. Pengaruh Religiousitas Orang Tua terhadap Motivasi Belajar PAI Anak -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  9. Upaya Peningkatan Kualitas Pengajaran di MTs al Fitrah Kedinding Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2011-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  10. Implementasi Strategi PAIKEM dalam Pembelajaran Fiqh pada Siswa Kelas VII MTs Terpadu Al Fatich Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  11. Implementasi Pembelajaran Kontekstual dengan Learning Community pada Mata Pelajaran PAI Aspek Akhlaq Kelas VII C di SMP Negeri 02 Bantur Malang -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  12. Efektifitas Pembelajaran Numbered Head Together dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Bahrul Ulum Sekapuk Ujung Pangkah -Program Studi PGMI-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  13. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas PAI di SD Ikan Kerapu Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  14. Implementasi Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran PAI dalam Membentuk Prilaku Teladan Siswa di MI Maarif Cangkringsari Sukodono -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  15. Pengaruh Keselajar PAI Siswa di MI Maarif Kedensari Tanggulangin -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  16. Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Proses Belajar Mengajar PAI di MI at Taqwa Kebonangung Sukodono -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  17. Pengaruh Pembelajaran Quantum Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Diniyah Asy Syafiiyah Candi Sidoarjo -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  18. Penerapan Metode Demonstrasi pada Matapelajaran Penjaskes untuk Meningkatkan Bermain Bola Tangan pada Siswa Kelas IV MI Nurul Islam Randuagung Lumajang -Program Studi PGMI-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  19. Peningkatan Kemampuan Siswa Mendeskripsikan Struktur Pancaindera Melalui Metode Demonstrasi pada Pelajaran IPA Kelas IV MI Misbahul Ulum Sampang -Program Studi PGMI-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  20. Peningkatan Pemahaman tentang Lambaga-Lembaga Negara Pada Pelajaran PKN Melalui Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas IV MI Darul Huda Gayaman Mojowarno -Program Studi PGMI-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  21. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas V MI Roudlatul Hikmah Ngoro Mojokerto -Program Studi PGMI-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  22. Pengaruh Penarapan Strategi Pembelajaran Point Counter Point terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Bidang Studi Fiqh Kelas IV MIS Yatabu Kedinding Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  23. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Bantuan Gambar pada Siswa Kelas I MI Negeri Randuwatang Jombang -Program Studi PGMI-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  24. Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas V MI Sunan Kalijogo Pulo Wetan Mojokerto -Program Studi PGMI-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  25. Persepsi Orang Tua tentang Pendidikan Moral Anak di Lingkunagn Lokalisasi Doly -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  26. Pengembangan Kualitas Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif UU RI no. 14 (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Krembung Sidoarjo) -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  27. Pola Pendidikan Pesantren Mahasiswa Lembaga Dakawah Islam Indonesia (LDII) (Studi Kasus di Pesantren Khoirul Huda Nginden Surabaya) -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  28. Studi Tamsil Lebah dalam Al Qur an (Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam) -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  29. Peran Guru dalam Menumbuhkan Aktifitas Siswa dalam Bidang Studi PAI di SMP Negeri 29 Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  30. Optimalisasi Pendidikan Agama Islam dalam Menangkal Kenakalan Remaja di SMP Negeri 2 Bangkalan -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2015-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  31. Gaya Kepemimpinan K. H. Masbuhin Faqh Serta Implikasinya terhadap Perkembangan Pesantren -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2015-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  32. Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren ( Studi Problematika dan Menanganinya di Pondok Pesantren Nurul Karomah Paterongan Galis Bangkalan) -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2006-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  33. upaya peningkatan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan menggunakan media papan tutup botol maghnetik pada kelas i di mi darussalam pejangkungan prambon sidoarjo -Program Studi PGMI-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  34. Intensitas Kinerja Guru PAI yang Tersertifikat di SMP Muhammadiyah 19 Sekaran Lamongan -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2015-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  35. Hubungan Latar Belakang Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Mts Wachid Hasyim Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  36. Penggunaan Media Kartu Gambar untuk meningkatkan prestasi belajar pada operasi hitung pecahan pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Gondangrejo Pasuruan -Program Studi PGMI-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  37. Peningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III MI Darul Ulum Gondangwetan dengan pendekatan Kooperatif tipe STAD -Program Studi PGMI-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  38. Meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas IIIb pada materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan metode drill (latihan) di MI Negeri seduri Mojokerto semester I tahun pelajaran 2014/2015 -Program Studi PGMI-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  39. Peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami lembaga-lembaga Negara dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas 4 MIN medali Mojokerto -Program Studi PGMI-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  40. Korelasi antara Inteligensi dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 1 Duduk Sampeyan Gresik -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  41. Modernisasi Pendidikan Islam Perspektif KH. Imam Zarkasyi dan KH. A. Wachid Hasyim -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  42. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Warga Berkebutuhan Khusus di Desa Sidoharjo Kec. Jambon Kab. Ponorogo -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2015-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  43. Pengaruh Motif Kepramukaan Penegak terhadap Motivasi Pendidikan Akhlak SMA YPM 2 Panjunan Sukodono -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  44. Peran Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SMAN 1 Driyorejo -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  45. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Simulasi pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk Tahun Pelajaran 2012-2013 -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  46. Implementasi Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar terhadap Kualitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  47. Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Warga Keaksaraan Fungsional terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur`an di Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  48. Efektivitas Program Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Pembentukan Moralitas Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Purwoasri Kediri Tahun 2012-2013 -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  49. Aplikasi Pendidikan Islam yang Berbasis Karakter Islami di Kelas VII SMP Bahrul Ulum Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  50. Pelaksanaan Halaqoh di SMA Mujahidin Perak Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  51. Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTs Unggulan Ibnu Husain Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  52. Konsep Pendidikan Islam Humanistik Sebagai Wujud Aplikatif Pembebasan Budaya Masyarakat Modern (Studi Komparatif Pemikiran Paolo Freire dan Ahmad Dahlan -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  53. Pengaruh Stratifikasi Sosial Terbuka terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN I Sukomoro -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  54. Implementasi UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 terhadap Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah di Madrasah Miftahul Ulum Sidogiri Pasuruan -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  55. Perbandingan Tingkat Pemahaman Siswa dari MTs dengan Siswa dari SMP terhadap Materi PAI di MAN Babat Lamongan -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  56. Pengaruh Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Peningkatan Kualitas Belajar Siswa dalam PAI di SMA Persatuan Tulangan Sidoarjo -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  57. Pengaruh Metode Loci dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 2 Taman Sepanjang -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  58. Peran Program Inovasi dalam Edukasi (IDE) dalam Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kertajaya Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  59. Pengaruh Implementasi Recollection Smart Teaching (RST) terhadap Kualitas Mengajar Guru di SMP Islam Full Day Jati Agung -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  60. Kajian Ayat-Ayat Metafora sebagai Metodologi Pendidikan Agama Islam -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  61. Implementasi Metode Insideoutside-circle dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SLTP 1 Sreseh Samapang -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  62. Signifikansi Strategi Prediction Guide dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi PAI di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  63. Telaah Konsep Nasionalisme Pendidikan Soekarno dalam Perspektif Pendidikan Islam di Indonesi -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  64. Konsep Metode Pendidikan (Studi Pemikiran Prof Dr. H. M.Quraish Shihab, MA -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  65. Studi Tentang Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Mahad Al-Zaitun Mekar Jaya Haurgelis Indramayu Jawa Barat -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  66. Implementasi Konsep Humanisme Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  67. Efisiensi Metode Peer Lesson dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  68. Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Anak Jalanan di Pondok Pesantren Sadar Rahmatan Lil Alamin Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  69. Implementasi Kurikulum Madrasah Berbasis Arama (Program Boarding School) Studi Deskriptif di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta. -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  70. Peranan Model Pembelajaran SKS (Satuan Kredit Semester) dalam Menunjang Proses Percepatan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMAN 1 Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  71. Efektivitas Model Pembelajaran Literasi dalam Meningkatkan Daya Serap Baca Siswa pada Bidang Studi SKI di MINU Tropodo Waru Sidoarjo -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  72. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games (TGT) Terhadap Efektivitas Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di Kelas XI-IA SMA PGRI Puri Mojokerto -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  73. Pengembangan Ekstrakurikuler Madrasah Diniyah Di MTs Nurul Huda Leran Manyar Gresik -Jurusan Bahasa dan Sastra-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  74. Analisis Nilai-nilai Profektif dengan kerangka Filsafat Pendidikan dan Implikasinya bagi pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi Atas Pemikiran Kuntowijaya). -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  75. Implementasi Kegiatan Mentoring Karina (Kajian Rutin Anak Asuh) dalam Penghayatan Nilai-nilai Agama Islam Bagi Anak Asuh Program Pena Bangsa Di Plasma (Pusat Layanan Sosial Al-Falah) Surabaya. -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2011-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  76. Paradigma Progresivisme dalam Pendidikan Islam: Upaya Mengembangkan Pendidikan Islam Liberalis -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  77. Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMK Penerbangan Dharma Wirawan Sedati -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  78. Pelaksanaan Supervisi Klinis oleh Kepala Sekolah di MTs. Assaadah Bungah Gresik -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  79. Peran Allumni dan Masyarakat thdp Peningkatan Pendidikan Akhlaq di MA Ibn Malik Burneh Bangkalan -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  80. Implementasi Pemanfaatan Media Blog dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan PAI dI IAIN Sunan Ampel -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  81. Peran Masyarakat dalam Pendidikan (Studi tentang Kontribusi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Nurul Karomah Bangkalan) -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  82. Peran Pesantren al Barmawi dalam Pendidikan Moral untuk Mengurangi Penyimpangan Seksual di Kalangan Remaja -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  83. Pengaruh Metode Edutainment terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI Kelas VIII di SMP PGRI 7 Sedati -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  84. PENINGKATAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM POKOK BAHASAN ENERGI LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBSERVASI TERARAH PADA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH Mmi 2008IFTAHUL ULUM DLANGGU -Program Studi PGMI-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  85. Hubungan Penerapan Buku Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anggota Pramuka di SMP Hasyim Asy`ari Kepadangan Tulangan Sidoarjo -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  86. Peran Guru dalam Menumbuhkan Aktifitas Siswa dalam Bidang Studi PAI di SMP Negeri 29 Surabaya -Program Studi Pendidikan Agama Islam-2011-Pembimbing Utama (Main Supervisor)

Pemikiran Islam/filsafat dan agama