Website Profile Dosen UIN Sunan Ampel

DATA PROFILE DOSEN

NIP
197212152002122002
Nama
Dr. Nur Wakhidah, S. Pd M.Si
NPWP
58.799.617.4-655.000
NIDN
2015127201
Unit Kerja
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Rumpun Ilmu
HUMANIORA
Email
nurwakhidah@uinsby.ac.id
Homepage

Dr. Nur Wakhidah, S.Pd., M.Si lahir di Kediri, 15 Desember 1972, merupakan putri pertama dari H.M.Djupri dan Hj. Zulaichah, BA. Menempuh pendidikan di SDN Bulu III, SMPN Semen, SMA 5 Kediri lulus tahun 1991 dan melanjutkan kuliah di Jurusan Pendidikan Biologi IKIP Malang lulus tahun 1996. Selama kuliah pernah mendapatkan beasiswa dari Toyota ASTRA. Pada tahun yang sama mendapat beasiswa URGE dari world bank di UNAIR Ilmu Biologi Reproduksi dan lulus tahun 1999. Pada tahun 2002 diangkat sebagai dosen di Jurusan Biologi Saintek UIN Malang. Pada tahun 2009 mutasi di Jurusan PGMI IAIN Sunan Ampel Surabaya sampai sekarang. Pada 8 Desember 2016 lulus S3 Pendidikan Sains UNESA dengan beasiswa dari IDB. Selain mengajar juga menulis di jurnal nasional maupun internasional dan mereview jurnal nasional dan internasional. Menikah dengan Prof. Dr. Erman, M.Pd dan dikarunia seorang putra bernama Muhammad Mafaza Alvi Formanda Rahmatillah.

Seminar/Conference
  1. PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) DAN LITERASI SAINS (SCIENTIFIC LITERACY) (unesa)
  2. KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS (UNESA)
  3. Predicting Teachers’ Familiarity on High Order Thinking Skills through Common Keywords in Science Learning: A Preliminary Study (European '''' Digital Library)
  4. Kemampuan keterampilan proses sains terpadu mahasiswa calon guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Ampel Surabaya (UNESA)
Buku
  1. Konsep Dasar Biologi (Botani) (putra media nusantara)
  2. ilmu alamiyah dasar (dalam perspektif Al-Qur''an) (IAIN Press)
  3. ILmu Alamiah Dasar (Prestasi Pustaka)
  4. Scaffolding pendekatan saintifik: strategi untuk menerapkan pendekatan saintifik dengan mudah (Jaudar Press)
Jurnal
  1. Addressing Macroscopic Issues: Helping Student Form Associations Between Biochemistry and Sports and Aiding Their Scientific Literacy (Springer)
  2. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru madrasah ibtidaiyah (pendekatan saintifik, berpikir kritis)
  3. Analisis Kesulitan Mengajar Guru Kelas Pada Mata Pelajaran IPA Di … (FTK UINSA)
  4. Improving Learning Outcomes of Ecological Concept Using Scaffolding Strategy on Scientific Approach (macrothink institute)
  5. Perempuan dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (UIN Malang)
  6. APPLICATION OF PhET SIMULATION TO ELECTRICAL CIRCUITS MATERIAL IN ONLINE LEARNING (IAIN Ponorogo)
  7. Using Information Search Strategy to Reconstruct Students'' Biology Prior Knowledge (untirta)
  8. Deep Learning Ability of Students from Superior and Non-Superior Classes at Microscopic Level of Protein (Journal of Physics: Conference Series)
  9. VALIDITAS STRATEGI SCAFFOLDING IMWR (INSPIRING-MODELING-WRITING-REPORTING) PADA PENDEKATAN SAINTIFIK (ikippgript)
  10. Peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achivement division) di MINU Ngingas Waru Sidoarjo (UINSA)
Artikel Koran
  1. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Saintifik dan Literasi Sains (ISPI)

  1. peningkatan kemampuan mengidentifikasi wujud benda dengan menggunakan alat peraga benda konkret pada siswa kelas III MI Ihyaul Ulum mojokerto -Program Studi PGMI-2012-Pembimbing Utama (Main Supervisor)

pendidikan biologi pembelajaran IPA